Liverpool berhasil meraih gelar juara Carabao Cup musim ini setelah mengalahkan Chelsea dengan skor 1-0 di final yang berlangsung di Stadion Wembley, Minggu (25/2/2024). Gol tunggal kemenangan Liverpool dicetak oleh bek tengah Virgil Van Dijk pada menit ke-75.

Liverpool tampil dengan skuad yang tidak biasa, karena banyak pemain pilarnya absen karena cedera. Di antaranya adalah Diogo Jota, Mohamed Salah, Alisson Becker, Joel Matip, Dominik Szoboszlai, Darwin Nunez, Trent-Alexander Arnold, dan Curtis Jones. Pelatih Juergen Klopp pun memberi kesempatan kepada beberapa pemain muda untuk bermain di partai puncak.

Dua pemain berusia 20 tahun, Harvey Elliott dan Conor Bradley, menjadi starter di lini tengah dan kanan. Sementara itu, empat pemain lain yang berusia di bawah 21 tahun, yaitu Bobby Clark, James McConnell, Jayden Danns, dan Jarell Quansah, masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua.

Meski bermain dengan skuad seadanya, Liverpool mampu menunjukkan performa yang impresif. Mereka menguasai jalannya pertandingan dengan 58 persen penguasaan bola dan 15 tembakan, sementara Chelsea hanya memiliki 42 persen penguasaan bola dan 9 tembakan. Kiper muda Liverpool, Caoimhin Kelleher, juga tampil gemilang dengan membuat beberapa penyelamatan penting.

Gelar Carabao Cup ini menjadi gelar pertama Liverpool di musim ini, dan juga menjadi gelar terakhir bagi Klopp bersama The Reds. Pasalnya, pelatih asal Jerman itu akan meninggalkan Liverpool pada akhir musim ini, setelah tujuh tahun melatih klub Merseyside tersebut.

Eks striker Newcastle United dan timnas Inggris, Alan Shearer, mengapresiasi penampilan Liverpool dengan skuad mudanya. Ia mengatakan bahwa Klopp harus bangga dengan prestasi yang diraih oleh anak asuhnya.

"Hasil yang luar biasa, performa yang bagus. Kelleher brilian di bawah mistar, Van Dijk menjadi menara di lini belakang, semua pemain muda brilian saat Klopp memainkan mereka," kata Shearer di BBC.

"Mereka semua tampil baik, Juergen Klopp bisa bangga pada mereka," kata dia menambahkan.

Liverpool kini akan fokus untuk mempertahankan posisi mereka di zona Liga Champions. Saat ini, mereka berada di peringkat ketiga klasemen Liga Inggris dengan 57 poin, tertinggal 12 poin dari pemuncak klasemen Manchester City.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini