Jakarta, IO – Badan sepakbola dunia FIFA telah memberlakukan sanksi terhadap lima klub sepakbola Indonesia berupa embargo transfer selama tiga musim kompetisi. Pengumuman ini dibuat pada hari Selasa (2/4). Lima klub tersebut adalah Persija Jakarta, Persikab Bandung, Persiraja Banda Aceh, SADA Sumut FC, dan Persiwa Wamena, menurut Antaranews, Rabu (3/4).

FIFA belum memberikan detail mengenai alasan pengambilan langkah ini. Namun, satu hal yang jelas, hukuman tidak akan diberikan secara bersamaan. Untuk Persija dan Persiraja, sanksi berlaku efektif pada tanggal 26 Januari. Untuk Persikab dan SADA pada tanggal 26 Februari. Dan untuk Persiwa telah diberlakukan pada tanggal 12 Mei 2022 dan belum dicabut. Saat ini, Persiwa tidak lagi ada karena telah bergabung dengan Bina Putra Cirebon.

Sesuai dengan Kode Disiplin, FIFA berhak memberikan sanksi kepada klub sepakbola karena beberapa alasan, termasuk tetapi tidak terbatas pada pembayaran yang tidak dibayar atau tertunda kepada pemain dan pemutusan kontrak secara sewenang-wenang. Embargo transfer mencegah klub dari mendaftarkan pemain baru setelah perekrutan. Klub masih memiliki hak untuk mendatangkan pemain, tetapi pemain yang direkrut tidak dapat didaftarkan dengan asosiasi sepakbola nasional, yang membuat mereka tidak dapat bermain.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini