Jakarta – Dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang diadakan pada Rabu, 3 April 2024, telah diputuskan beberapa kebijakan penting terkait dengan kompetisi Liga 1 Indonesia. Salah satu keputusan yang menonjol adalah rencana penggunaan wasit asing dari Inggris dan Jepang untuk memimpin pertandingan di Liga 1 musim depan.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan bahwa langkah ini merupakan bagian dari upaya PSSI dalam meningkatkan kualitas perwasitan di Indonesia. "Musim depan kami juga akan mendatangkan wasit asing dari beberapa negara," kata Erick Thohir.

Sistem penilaian wasit juga akan dibuat lebih terpusat dan digitalisasi perwasitan akan diterapkan untuk memastikan transparansi dan pembelajaran bagi para wasit lokal. "Seluruh wasit masuk ke dalam suatu sistem dari Inggris, semua kejadian atau keputusan yang diambil wasit semua tersimpan dalam sistem tersebut. Jadi wasit dapat belajar dari kejadian tersebut," jelas Erick.

Rencana ini disambut positif oleh berbagai pihak yang berkepentingan dengan sepak bola Indonesia, termasuk klub-klub Liga 1 yang seringkali merasa dirugikan oleh keputusan wasit. Dengan adanya wasit asing, diharapkan akan ada transfer pengetahuan dan peningkatan kualitas perwasitan di Indonesia.

Rapat Exco PSSI juga membahas tentang tanggal Kongres Tahunan yang akan dilaksanakan pada 10 Juni 2024, serta pemaparan program kerja PSSI untuk tahun 2025. Selain itu, audit keuangan PSSI juga akan menjadi agenda penting dalam Kongres mendatang.

Dengan keputusan ini, sepak bola Indonesia diharapkan akan mengalami transformasi positif, khususnya dalam hal perwasitan yang lebih adil dan berkualitas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini