Zinedine Zidane, mantan pelatih Real Madrid yang kini menganggur, mengungkapkan keinginannya untuk melatih di Italia suatu hari nanti. Pernyataan ini segera menimbulkan spekulasi bahwa Zidane bisa kembali ke klub lamanya, Juventus, yang saat ini masih dipegang oleh Massimiliano Allegri.

Zidane adalah salah satu legenda sepak bola Prancis yang pernah membela Juventus pada periode 1996-2001. Bersama Si Nyonya Besar, Zidane meraih dua gelar juara Serie A dan tampil di tiga final Liga Champions. Zidane kemudian pindah ke Real Madrid dengan rekor transfer tertinggi saat itu, dan melanjutkan karier gemilangnya dengan memenangkan berbagai trofi, termasuk Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

Sebagai pelatih, Zidane juga mencetak sejarah dengan Real Madrid. Ia menjadi pelatih pertama yang berhasil meraih gelar juara Liga Champions tiga kali berturut-turut, pada 2016, 2017, dan 2018. Selain itu, ia juga mempersembahkan dua gelar LaLiga, dua Piala Super Spanyol, dua Piala Dunia Klub, dan dua Piala Super Eropa. Zidane mengundurkan diri dari Madrid pada Juni 2021, setelah gagal mempertahankan gelar LaLiga dan tersingkir di semifinal Liga Champions.

Zidane belum kembali bekerja di dunia kepelatihan sejak saat itu, meski namanya sering dikaitkan dengan banyak klub top Eropa. Salah satunya adalah Juventus, yang saat ini berada di posisi ketiga klasemen Serie A, tertinggal 10 poin dari pemimpin Inter Milan. Allegri, yang kembali ke Juventus pada musim panas 2023 setelah sebelumnya dipecat pada 2019, belum mampu mengembalikan performa Juventus yang sempat mendominasi Italia dan Eropa di bawah asuhannya.

Zidane baru-baru ini menghadiri acara pemutaran perdana film dokumenter tentang Marcello Lippi, mantan pelatihnya di Juventus yang memberinya banyak inspirasi. Di sana, Zidane ditanya tentang kemungkinan melatih di Italia, dan ia memberikan jawaban yang menarik.

"Kenapa tidak, apa pun bisa saja terjadi. Saya ingin melatih di Italia suatu hari nanti," kata Zidane kepada DAZN. "Saya tidak sedang melatih saat ini, tapi mengapa tidak? Saya suka Italia dan saya suka mereka mencintai sepak bola di Italia," tambahnya.

Pernyataan Zidane ini segera menjadi sorotan media-media Italia, yang menganggapnya sebagai kode bahwa Zidane siap kembali ke Juventus apabila ada kesempatan. Zidane sendiri pernah mengaku bahwa Juventus adalah klub yang spesial baginya, dan ia masih memiliki hubungan baik dengan presiden Juventus, Andrea Agnelli.

Namun, Zidane tidak sendirian dalam daftar kandidat pelatih Juventus. Beberapa nama lain yang juga disebut-sebut adalah Antonio Conte, yang baru saja memutuskan hengkang dari Inter Milan setelah membawa mereka juara Serie A untuk pertama kalinya sejak 2010, dan Didier Deschamps, yang saat ini masih menangani timnas Prancis dan berambisi mempertahankan gelar Piala Eropa pada musim panas ini.

Siapakah yang akan menjadi pelatih Juventus musim depan? Apakah Zidane akan kembali ke Italia dan melanjutkan kisah cintanya dengan Juventus? Ataukah Allegri akan tetap bertahan dan membuktikan dirinya sebagai pelatih terbaik di Italia? Hanya waktu yang akan menjawab.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini