Juergen Klopp mengaku tidak akan menyesal meninggalkan Liverpool pada akhir musim ini, meski baru saja membawa timnya meraih trofi Carabao Cup. Klopp menganggap gelar tersebut sebagai kenangan manis sebelum ia mengakhiri kiprahnya di Anfield.

Liverpool berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor 1-0 di final Carabao Cup yang digelar di Stadion Wembley, Minggu (25/2/2024) malam WIB. Gol tunggal kemenangan The Reds dicetak oleh Virgil van Dijk di menit ke-90+3, setelah memanfaatkan umpan silang dari Trent Alexander-Arnold.

Klopp tampak emosional saat merayakan kemenangan ini bersama para pemain dan staf Liverpool di lapangan. Ini merupakan trofi pertama yang diraih Klopp di musim terakhirnya bersama Liverpool, setelah sebelumnya ia telah mengumumkan akan hengkang pada akhir musim ini.

Klopp mengatakan bahwa ia sudah yakin dengan keputusannya untuk pergi dari Liverpool, dan tidak akan berubah pikiran meski berhasil membawa timnya juara. Ia mengaku sudah merasa lelah dan ingin istirahat dari dunia sepak bola.

"Saya sangat senang dengan trofi ini, ini adalah trofi spesial untuk saya dan untuk klub. Tapi ini tidak akan mengubah keputusan saya untuk pergi. Saya sudah memikirkannya dengan matang, dan saya merasa ini adalah waktu yang tepat untuk saya berhenti," ujar Klopp seperti dikutip dari Republika.

"Trofi ini hanya menjadi kenangan manis sebelum saya pamit dari Liverpool. Saya sudah memberikan segalanya untuk klub ini, dan saya bangga dengan apa yang sudah kami capai bersama. Saya berterima kasih kepada semua orang yang terlibat di klub ini, terutama para pemain, staf, dan fans. Saya akan selalu mengingat mereka dengan baik," tambahnya.

Bek Liverpool, Joe Gomez, mengungkapkan bahwa para pemain menghormati keputusan Klopp untuk pergi, dan tidak akan memaksanya untuk bertahan. Gomez menilai Klopp sebagai salah satu pelatih terbaik yang pernah ia temui, dan berharap ia bisa bahagia di masa depan.

"Kami semua menghormati keputusan Klopp untuk pergi, kami tidak akan memintanya untuk berubah pikiran. Kami tahu dia sudah berada di sini cukup lama, dan dia sudah melakukan segalanya semampunya. Dia sudah memenangkan segalanya dengan kami. Dia adalah salah satu orang paling bijak yang pernah kami kenal, dan kami berharap dia bisa menikmati hidupnya setelah ini," kata Gomez seperti dilansir dari Daily Mail.

Klopp telah menjadi manajer Liverpool sejak Oktober 2015, dan telah membawa klub tersebut meraih enam trofi utama, yaitu Liga Champions, Liga Inggris, Piala Dunia Antarklub, Piala Super Eropa, Piala FA, dan Carabao Cup. Klopp juga menjadi satu-satunya manajer Liverpool yang berhasil memenangkan semua trofi domestik dan Eropa.

Klopp belum mengumumkan rencana masa depannya setelah meninggalkan Liverpool, namun ia dikabarkan diminati oleh beberapa klub besar Eropa, seperti Bayern Munchen, Real Madrid, dan Paris Saint-Germain. Klopp sendiri mengaku belum memikirkan klub mana yang akan ia tangani selanjutnya, dan hanya ingin fokus menyelesaikan musim ini dengan baik bersama Liverpool.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini