Erling Haaland kembali menunjukkan ketajamannya dengan mencetak lima gol dalam satu pertandingan saat Manchester City menghancurkan Luton Town dengan skor 6-2 di babak kelima Piala FA. Ini adalah quintrick kedua Haaland dalam karier bersama City, setelah sebelumnya melakukannya di Liga Champions musim lalu.

Haaland menjadi starter saat City bertandang ke markas Luton di Kenilworth Road, Rabu (28/2/2024) dini hari WIB. Haaland langsung tancap gas dengan mencetak dua gol di 20 menit awal sebelum melengkapi hat-tricknya di akhir babak pertama. Di babak kedua, Haaland menambah dua gol lagi dalam selang tiga menit, pada menit ke-55 dan ke-58, untuk membawa City unggul 5-2.

City akhirnya melaju ke perempat final usai menang 6-2, sekaligus mencatatkan kemenangan tandang terbesar mereka di ajang ini, usai mengalahkan West Ham United pada Januari 2017. Gol lainnya milik City dicetak oleh Mateo Kovacic, sedangkan dua gol Luton dicetak oleh Jordan Clark.

Dengan quintricknya, Haaland menjadi pemain pertama yang setidaknya mencetak lima gol atau lebih di satu laga Piala FA sejak Duane Derby yang mencetak enam gol untuk Hull City pada November 1996. Haaland juga menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol atau lebih di dua kompetisi berbeda bersama City, yaitu Liga Champions dan Piala FA.

Haaland juga menorehkan catatan hat-trick ke-20 sepanjang kariernya, atau yang kedelapan bersama City. Pencapaian hebat tentunya di usia yang baru menginjak 23 tahun. Haaland sudah mencetak 27 gol dan enam assist dari 30 pertandingan musim ini. Meski sempat dua bulan absen karena cedera, Haaland membuktikan tetap produktif dan menjadi pemain Liga Inggris tertajam di seluruh ajang.

"Saya sudah kembali ke permainan terbaik saya. Akhirnya saya merasa lebih enak," ujar Haaland di ESPN.

Haaland juga mendapat pujian dari manajer City, Pep Guardiola, yang mengaku kagum dengan performa dan mentalitas pemainnya. "Dia adalah pemain yang luar biasa. Dia selalu lapar untuk mencetak gol dan membantu tim. Dia juga sangat rendah hati dan profesional. Saya sangat senang bisa bekerja dengan dia," kata Guardiola.

Haaland dan City kini akan fokus kembali ke Liga Inggris, di mana mereka masih berada di posisi kedua klasemen, hanya terpaut satu poin dari Liverpool yang memimpin. City akan menghadapi Everton di Goodison Park pada Sabtu (3/3/2024) malam WIB. (Copilot)

Bukan Quintrick Pertama Haaland – detiksport
3 Catatan Spesial Erling Haaland Setelah Ukir Quintrick ke Gawang Luton Town di Piala FA – Inggris Bola.com
Quintrick Kedua Dalam Karier Erling Haaland di Manchester City

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini