Xabi Alonso, mantan pemain Bayern Munich yang kini menjadi pelatih Bayer Leverkusen, berhasil membawa timnya meraih prestasi luar biasa di Bundesliga. Leverkusen belum terkalahkan dalam 33 pertandingan di semua kompetisi, melewati rekor Bayern yang sebelumnya 32 pertandingan. Prestasi ini membuat Pep Guardiola, mantan pelatih Alonso di Bayern, terkagum-kagum.

Guardiola, yang kini melatih Manchester City, mengaku sangat terkesan dengan pekerjaan yang dilakukan Alonso di Leverkusen. Dia menyebut Alonso sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini. "Jika Anda bertanya kepada saya tentang pekerjaan yang dilakukan [Xabi Alonso], sejujurnya ‘Wow!’ Mereka tidak terkalahkan, satu-satunya tim sepakbola yang tidak terkalahkan di semua kompetisi dan bertarung di sana bersama Bayern Munich," kata Guardiola, dilansir dari Marca.

Guardiola juga memuji gaya bermain Leverkusen yang menurutnya sangat baik. Dia menilai Alonso telah menerapkan filosofi sepak bola yang sesuai dengan karakteristik timnya. "Tapi wow, ini bukan hanya cara mereka bermain, mereka belum pernah kalah satu kali pun di Liga Europa, di Pokal Jerman, dan di Bundesliga. Mereka bermain sangat baik," ujar Guardiola.

Alonso sendiri mengaku senang dengan pujian dari Guardiola. Dia mengatakan bahwa Guardiola adalah salah satu mentor terbaik yang pernah dia miliki. Dia juga mengaku banyak belajar dari Guardiola saat bermain di Bayern. "Saya sangat menghormati Pep dan saya berterima kasih atas kata-katanya. Dia adalah pelatih yang luar biasa dan saya banyak belajar dari dia. Saya mencoba menerapkan apa yang saya pelajari dari dia di Leverkusen," kata Alonso.

Leverkusen saat ini memimpin klasemen Bundesliga dengan 61 poin, unggul delapan poin dari Bayern di posisi kedua. Leverkusen juga masih berlaga di Liga Europa dan Pokal Jerman. Alonso berharap bisa membawa Leverkusen meraih gelar juara di semua kompetisi. "Kami masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Kami harus fokus di setiap pertandingan dan tidak boleh lengah. Kami ingin meraih sesuatu yang besar musim ini," tutur Alonso.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini