Persib Bandung akan menjamu PSIS Semarang di pekan ke-26 BRI Liga 1 2023/2024, Selasa (27/2/2024) malam pukul 19.00 WIB di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. Ini menjadi kali pertama bagi Persib kembali menggunakan stadion milik Pemerintah Kabupaten Bandung tersebut di BRI Liga 1 musim ini.

Persib harus berpindah homebase ke Si Jalak Harupat, lantaran Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) masuk dalam daftar yang direnovasi Kementerian PUPR. Persib pun berharap tuah Si Jalak Harupat bisa memberikan hasil positif. Sebab, Persib pernah juara Liga Indonesia saat bermarkas di sana, persisnya pada musim 2014 silam.

Namun, Persib tidak akan mendapatkan laga mudah melawan PSIS. Pasalnya, PSIS saat ini menempati posisi kedua dengan torehan 43 poin, unggul satu angka dari Persib di posisi ketiga. Duel kedua tim pun akan sangat menentukan perebutan posisi dua.

Persib juga sedang dalam tren buruk. Dalam empat pertandingan terakhirnya, Persib belum pernah menang lagi. Kondisi itu membuat tim asuhan Bojan Hodak pun tergusur dari posisi dua oleh PSIS. Hanya kemenangan yang bisa membuat Persib kembali merebut posisi dua. Jika imbang apalagi kalah, tak akan ada perubahan di klasemen buat kedua tim.

Pelatih Persib, Bojan Hodak, mengaku asing dengan Si Jalak Harupat. Sejak berbaju Persib, ia baru sekali bermain di sana tepatnya pada laga perempat final Piala Presiden 2022. Sekali pula ia merasakan bermain di stadion yang terletak di Soreang, Kutawaringin, Kabupaten Bandung, itu kala membela timnas Indonesia bertanding melawan Bangladesh pada 1 Juli 2022.

"Kami akan bermain di kandang. Bermain di kandang yang baru untuk pertama kali (musim ini) dan saya harap bisa dinaungi keberuntungan di laga ini," kata Bojan Hodak saat memberikan keterangan, Senin (26/2).

"Tapi, tidak akan mudah karena Semarang adalah tim bagus. Mereka punya pemain yang sangat cepat dan berbahaya dalam serangan balik. Jadi kami harus waspada dan berhati-hati mengenai itu," ujarnya menambahkan.

Gelandang senior Persib, Marc Klok, juga berharap timnya bisa memperbaiki rentetan hasil buruk dalam empat laga sebelumnya. Maung Bandung cuma bisa meraih tiga poin, hasil dari tiga kali imbang dan sekali kalah.

"Saya belum punya banyak pengalaman bermain di sana (Si Jalak Harupat). Baru satu pertandingan bersama Timnas, semoga memberikan kami yang terbaik, lebih bagus dari GBLA. Semoga (Si Jalak Harupat) memberikan Persib kemenangan sampai akhir (kompetisi)," tutur Klok.

"Saya tahu Persib pernah juara di sana (Si Jalak Harupat) sebelumnya. Semoga ini stadion spesial," ucap pemain berdarah Belanda itu.

Sementara itu, PSIS juga tidak mau kalah begitu saja. Tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu datang ke Bandung dengan modal positif. PSIS berhasil menang 2-1 atas Persik Kediri di laga sebelumnya.

Pelatih PSIS, Dragan Djukanovic, mengatakan timnya siap menghadapi Persib. Ia mengaku sudah mempelajari kekuatan dan kelemahan lawannya. Ia juga tidak khawatir dengan atmosfer Si Jalak Harupat yang dikenal sebagai kandang tim juara Maung Bandung.

"Kami sudah tahu bagaimana cara bermain Persib. Kami sudah siapkan strategi untuk menghadapi mereka. Kami tidak takut dengan stadion mereka. Kami datang ke sini untuk bermain sepak bola, bukan untuk melihat stadion," kata Dragan Djukanovic.

Dragan juga mengungkapkan bahwa PSIS tidak akan mengubah gaya bermainnya. Ia tetap akan mengandalkan serangan balik cepat dan efektif. Ia juga berharap para pemainnya bisa tampil maksimal dan fokus selama 90 menit.

"Kami akan bermain seperti biasa. Kami akan bermain dengan cepat dan agresif. Kami akan mencoba mencetak gol lebih dulu. Kami harus bermain dengan hati dan jiwa. Kami harus bermain dengan konsentrasi tinggi," ujar Dragan.

Laga Persib vs PSIS diprediksi akan berlangsung sengit dan seru. Kedua tim sama-sama berambisi untuk meraih tiga poin. Siapakah yang akan keluar sebagai pemenang? Mari kita saksikan bersama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini