Wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov, yang sebelumnya dianggap sebagai pahlawan oleh publik Indonesia karena perannya dalam kelolosan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023, kini menjadi sasaran kecaman setelah keputusan kontroversialnya dalam laga perdana Grup A Piala Asia U-23 2024 antara Qatar dan Timnas Indonesia U-23.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Senin, 15 April 2024, di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Timnas Indonesia U-23 harus menelan kekalahan dengan skor 0-2 dari Qatar. Namun, lebih dari hasil pertandingan, keputusan wasit Kabirov menjadi sorotan utama. Mulai dari pemberian kartu kuning kedua kepada Ivar Jenner hingga pembatalan kartu merah pemain Qatar, keputusan-keputusan ini telah memicu protes resmi dari PSSI ke AFC.

Kontroversi ini merupakan kontras yang tajam dengan peristiwa pada 8 Juni 2022, ketika Kabirov memimpin laga babak ketiga Kualifikasi Piala Asia antara Kuwait dan Indonesia. Saat itu, tindakan tegasnya memberikan penalti kepada Indonesia di akhir babak pertama membuka jalan bagi kemenangan 2-1 atas Kuwait, yang pada akhirnya cukup untuk mengantarkan Indonesia lolos sebagai runner-up grup.

Kini, dengan serangkaian keputusan yang dianggap merugikan oleh banyak penggemar sepak bola Indonesia, Kabirov menghadapi caci maki dan kekecewaan yang luas dari netizen Tanah Air. Akun Instagramnya, @nasrullo_ref, telah diserbu dengan komentar-komentar negatif yang mengekspresikan frustrasi dan kemarahan atas penampilannya sebagai wasit dalam pertandingan tersebut.

Kejadian ini menunjukkan betapa cepatnya pujian dapat berubah menjadi kecaman dalam dunia sepak bola, terutama ketika dipicu oleh keputusan-keputusan yang memiliki dampak signifikan terhadap hasil pertandingan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini