Barcelona meraih kemenangan telak 4-0 atas Getafe di LaLiga, Sabtu (24/2/2024) di Estadi Olímpic Lluís Companys. Selain naik ke peringkat dua klasemen, Barca juga mencatatkan sebuah rekor baru, yaitu mencapai 11.000 gol dalam semua kompetisi resmi. Pencetak gol bersejarah tersebut adalah gelandang asal Belanda, Frenkie de Jong.

De Jong mencetak gol ketiga Barca pada menit ke-63, setelah menerima umpan dari Raphinha. Gol itu sekaligus menjadi gol ke-11.000 Barca dalam sejarah, delapan tahun setelah Lionel Messi mencetak gol ke-10.000 di ajang kompetitif . De Jong pun masuk ke dalam daftar eksklusif pencetak gol bersejarah Barca, bersama nama-nama seperti Josep Samitier, Josep Escolà, Marcos Aurelio, Eulogio Martínez, Carles Reixach, Periko Alonso, Marc Overmars, dan tentu saja Messi.

Menurut situs resmi FC Barcelona, dari 11.000 gol tersebut, lebih dari 6 ribu di antaranya lahir di LaLiga, yaitu 6.458 gol. Ada pula di Copa del Rey (1.513 gol), Copa Catalunya (1.240 gol), dan Piala/Liga Champions (680 gol). "Gol-gol Barca sudah dicetak di dalam 26 kompetisi resmi yang berbeda," sebut klub Catalan tersebut.

Gol pertama Barca dalam kompetisi resmi dicetak oleh George Gervan, saat menjebol gawang Hispania Athletic Club (kini sudah bubar) di Copa Macaya, yang disebut sebagai turnamen sepak bola yang pertama dimainkan di Spanyol. Gol pertama De Jong untuk Barca sendiri terjadi pada musim lalu, saat ia mencetak gol pembuka dalam kemenangan 2-1 atas Sevilla di LaLiga.

De Jong kini sudah mencetak lima gol dan memberikan enam assist untuk Barca di semua kompetisi musim ini. Ia menjadi salah satu pemain kunci di lini tengah Barca, yang berusaha mengejar Real Madrid di puncak klasemen LaLiga. Dengan gol bersejarahnya, De Jong semakin menunjukkan kelasnya sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini