Indonesia berhasil mengalahkan Korea Selatan dalam pertandingan dramatis yang berakhir dengan adu penalti di perempat final AFC U-23 Asian Cup. Kemenangan ini membawa Indonesia selangkah lebih dekat ke impian Olimpiade, dengan skor akhir 11-10 setelah bermain imbang 2-2 dalam waktu normal.

Pelatih kepala Indonesia, Shin Tae Yong, mengalami emosi campur aduk saat timnya mengalahkan negara asalnya. Kemenangan ini diraih setelah pertandingan yang penuh ketegangan, di mana Indonesia sempat memimpin sebelum akhirnya disamakan oleh Korea Selatan.

Rafael Struick, pemain sayap dari klub Belanda ADO Den Haag, berhasil mencetak dua gol untuk Indonesia. Namun, Korea Selatan tidak menyerah begitu saja dan berhasil menyamakan kedudukan dua kali melalui gol bunuh diri Komang Teguh dan tendangan Jeong Sang-bin.

Korea Selatan, yang merupakan salah satu favorit untuk memenangkan turnamen ini, harus bermain dengan 10 orang di menit ke-70 tetapi tetap bertahan hingga adu penalti. Pratama Arhan dari Indonesia menjadi pahlawan dengan tendangan penalti penentu kemenangan setelah tendangan Lee Kang-hee berhasil digagalkan.

Kekalahan Korea Selatan ini membuat mereka tidak mendapatkan tempat di Olimpiade untuk pertama kalinya sejak tahun 1980-an. Sementara itu, kemenangan ini membawa Indonesia lebih dekat ke Olimpiade untuk pertama kalinya sejak tahun 1956.

Kini, Indonesia hanya tinggal selangkah lagi untuk mewujudkan mimpi mereka berlaga di Olimpiade Paris mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini