Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam dalam dua laga krusial pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia berharap bisa meraih kemenangan untuk menjaga asa lolos ke babak selanjutnya. Untuk itu, Indonesia membutuhkan pemain-pemain terbaik yang bisa memberikan kontribusi maksimal.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh PSSI adalah mengurus proses naturalisasi dua pemain keturunan, yaitu Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Kedua pemain ini memiliki darah Indonesia dari kakek mereka yang berasal dari Solo dan Maluku. Mereka juga bermain di klub-klub Liga Belanda, yaitu SC Heerenveen dan Fortuna Sittard.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan bahwa proses naturalisasi keduanya akan selesai pertengahan Maret 2024. Ia berharap keduanya bisa tampil saat Timnas Indonesia menghadapi Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024. Menurutnya, keduanya akan menambah kekuatan Timnas Indonesia, terutama di sektor tengah dan depan.

"Kalau kita bisa diperkuat mereka (Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye) tentu bagus karena laga melawan Vietnam back-to-back wajib menang," kata Erick Thohir kepada wartawan. "Kalau dapat poin penuh dua kali kita akan dapat 6 poin, akan save ke babak berikutnya. Walau ada pertandingan sisa lagi di Juli melawan Filipina dan Irak di kandang," tambahnya.

Thom Haye adalah gelandang bertahan yang tampil reguler bersama SC Heerenveen sejak bergabung pada Januari 2022. Pada musim ini, pemain berusia 28 tahun tersebut telah mencatatkan 13 penampilan bersama SC Heerenveen di Liga Belanda. Ia juga pernah memperkuat Timnas Belanda di level junior.

Ragnar Oratmangoen adalah penyerang atau pemain sayap yang membela Fortuna Sittard dengan status pinjaman dari Groningen. Pemain berusia 26 tahun ini telah mencetak 4 gol dan 3 assist dari 15 penampilan bersama Fortuna Sittard di Liga Belanda musim ini. Ia juga pernah memperkuat Timnas Belanda di level junior.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dikabarkan akan ke Belanda untuk memantau perkembangan kedua pemain tersebut. Ia ingin melihat langsung kualitas dan potensi mereka untuk bermain bersama Timnas Indonesia. Ia juga ingin berkomunikasi dengan mereka untuk mengetahui kesediaan dan motivasi mereka untuk membela Garuda.

Dengan adanya dua pemain keturunan ini, Timnas Indonesia diharapkan bisa lebih kompetitif dan berprestasi di kancah internasional. Indonesia saat ini masih berada di posisi buncit Grup F dengan satu poin hasil dari sekali kalah dan sekali imbang. Indonesia harus menang melawan Vietnam untuk menjaga peluang lolos ke babak selanjutnya. Apakah Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen bisa menjadi faktor penentu kemenangan Timnas Indonesia? Kita tunggu saja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini