PT Liga Indonesia Baru (LIB), operator kompetisi Liga 1, mengusulkan kepada PSSI untuk mencabut regulasi yang mengharuskan setiap klub memainkan minimal satu pemain U-23 dalam starting XI selama 45 menit. Usulan ini bertujuan untuk mendukung Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di Piala Asia U-23 2024 di Qatar pada 15 April – 3 Mei.

Menurut Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, usulan ini muncul setelah adanya diskusi dengan seluruh pemilik atau pengelola klub Liga 1 dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yang digelar pada 25 Februari 2024. Salah satu poin penting yang dibahas adalah dukungan klub terhadap pemanggilan pemain U-23 yang akan bergabung dengan skuad Garuda Muda di ajang Piala Asia U-23 2024.

"Kami selalu berusaha untuk mencari kondisi yang paling ideal. Bagaimana esensi kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 tetap bisa bergulir secara maksimal dan dukungan kepada timnas U-23 juga tetap berlanjut," kata Ferry Paulus dalam rilis resmi PT LIB.

Ferry Paulus menambahkan, usulan ini juga sebagai solusi dari polemik keengganan sejumlah klub untuk melepas pemain U-23 ke Timnas U-23 Indonesia. Beberapa klub mengaku membutuhkan pemain berusia U-23 untuk menjaga kedalaman skuad di Liga 1 yang memasuki fase menentukan. Persaingan di kompetisi domestik menuju fase Championship Series maupun menghindari zona degradasi, dirasa bakal kian intens pada bulan April nanti.

"Kami berharap, dengan adanya usulan ini, klub-klub Liga 1 mau memberikan dukungan dengan cara melepas pemain U-23 yang terpanggil, untuk membela Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024," ujar Ferry Paulus.

Sebelumnya, beberapa klub Liga 1 seperti Persija, Borneo FC, dan PSS Sleman, menyatakan keberatan untuk melepas pemain U-23 ke Timnas U-23 Indonesia. Alasan mereka, pemain U-23 merupakan bagian penting dari tim mereka dan akan berdampak besar jika harus absen di Liga 1.

Timnas U-23 Indonesia sendiri berada di Grup C Piala Asia U-23 2024 bersama dengan Korea Selatan, Qatar, dan Oman. Tim asuhan Shin Tae-yong ini akan melakoni laga perdana melawan Korea Selatan pada 15 April 2024 di Stadion Khalifa International, Doha.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini